Selasa, 28 November 2017

Bhabinkamtibmas Selabih Polres Tabanan Ajak Kader Desa Siaga Lewat MMD Menjadikan Budaya Hidup Bersih Dan Sehat

Polda Bali-Polres Tabanan-Polsek Selemadeg Barat. Sehat itu bukan sesuatu yang turun dari langit, bahkan ahli kesehatan dengan mottonya mengatakan "sehat itu mahal", artinya jika kita lengah dan jatuh sakit maka akan sangat besar biayanya untuk jadi sehat.

Sehubungan dengan kajian tersebut pada hari Selasa (28/11/2017) jam 09.30 wita di Ruang Rapat Kantor Desa Selabih Kecamatan Selemadeg Barat diadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bidang Kesehatan. Team dari Puskesmas Selemadeg Barat yang dipimpin Drg I Ketut Martawan SKG melaksanakan giat kajian hasil survey dan monitoring dipaparkan didepan peserta yang hadir yaitu : Perbekel Desa Selabih, Forum Desa Siaga, LPM, BPD, Kepwil, Karang Taruna, Pengurus Bumdes, TP PKK, dan para Ketua STT, dengan jumlah yang hadir 32 orang.

Drg I Ketut Martawan SKG mengatakan dari hasil Survey Mawas Diri (SMD) Desa Selabih ditemukan analisa prioritas masalah berdasarkan persentase adalah sebagai berikut :
1. Tidak melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) 41%
2. Tidak melakukan pemilahan sampah 40%
3. Belum memiliki jaminan kesehatan 23%
4. Warga tidak menggunakan KB 20%
5. Belum memanfaatkan SPAL 12%
6. Tidak memiliki jamban 9%.
"Agar analisa prioritas masalah ini tidak berlanjut maka langkah-langkah yang harus dilakukan : mensosialisasikan informasi kesehatan, mengalokasikan dana desa untuk sektor desa siaga, mengerahkan seluruh potensi masyarakat, dan melakukan pembinaan dan pengawasan berkelanjutan terhadap progam kesehatan", ujar Drg I Ketut Martawan SKG

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Selabih Aiptu I Nyoman Nuada diberikan waktu untuk menyampaikan arahan. Bhabinkamtibmas Selabih melalui MMD ini mengajak Tokoh masyarakat, kader desa siaga dan semua yang hadir untuk bangun kebersamaan mewujudkan pola hidup sehat dimulai dari rumah masing-masing, lingkungan sekitar rumah dan wilayah pemukiman dan tempat-tempat umum. Tentu sehat saja tidak cukup bahwa untuk melakukan aktifitas juga harus didukung oleh keamanan yang kondusif. Keamanan tidak bisa dibeli dengan uang tapi harus diwujudkan secara bersama sama. Oleh sebab itu Bhabinkamtibmas mengajak untuk terus bangun komunikasi dan kemitraan didalam membangun dan mengelola keamanan, semua potensi masyarakat mari kita berdayakan semaksimal mungkin.

Dihubungi ditempat terpisah Kapolsek Selemadeg Barat AKP I Wayan Suastika,SH, membenarkan bahwa Polri mengajak masyarakat untuk menerapkan budaya hidup sehat dan pola hidup sehat harus terus digelorakan disemua lapisan masyarakat. "Kami sudah perintahkan Bhabinkamtibmas sebagai pembina keamanan di desa untuk mengarahkan semua elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan", tegas AKP I Wayan Suastika,SH.