Senin, 27 November 2017

Bhabinkamtibmas Selabih Polres Tabanan Bersinergi Dengan Tokoh Adat Himbau Waspada Dampak Situasi Gunung Agung

Polda Bali-Polres Tabanan-Polsek Selemadeg Barat. Berkembangnya aktifitas penduduk dan perekonomian masyarakat akan banyak berdampak terjadinya perubahan sosial masyarakat yang bermuara pada gangguan keamanan. Selain itu dampak situasi Gunung Agung dan krisis ekonomi juga memicu terjadinya kecemburuan sosial masyarakat yang mengarah pada tindak pidana kejahatan.

Untuk menekan terjadinya hal tersebut pada hari Senin ( 27/11/2017) jam 10.00 wita Bhabinkamtibmas Selabih Aiptu I Nyoman Nuada melaksanakan sambang bersinergi dengan tokoh adat I Wayan Suparta di Balai Banjar Dinas Selabih Wanasari Desa Selabih Kecamatan Selemadeg Barat.

Pada kesempatan tersebut  Bhabinkamtibmas Selabih mengajak Tokoh Adat untuk mejalin kerjasama dan komunikasi timbal balik agar setiap permasalahan dan gangguan kamtibmas dapat diselesaikan dengan cepat dan dicarikan solusi pemecahan. Dan mengajak untuk ikut  bersama sama perduli lingkungan menjaga keamanan dengan menumbuhkan kesadaran dari diri sendiri ( secara swakarsa ) dan untuk meningkatkan kepekaan dan keperdulian terhadap situasi wilayah  pemukiman tempat tinggal terhadap segala bentuk kejahatan dan situasi wilayah Bali pada umumnya. Situasi Gunung Agung pada level awas agar disampaikan kepada warga untuk waspada dan berikan bantuan apabila ada warga kita dari Karangasem mengungsi ke wilayah Selabih. Langkah langkah yang dapat diwujudkan antara lain dengan memperdayakan pecalang sebagai unsur pengamanan kegiatan adat dan keagamaan dan pelayanan para pengungsi, serta memperhatikan para pendatang atau warga baru yang masuk ke wilayah banjar. Apabila menemukan adanya gangguan kamtibmas segera informasi ke Bhabinkamtibmas untuk ditindak lanjuti agar tidak berkembang menjadi permasalahan yang lebih besar.

Pada kesempatan tersebut I Wayan Suparta selaku tokoh adat  menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya atas upaya jajaran Kepolisian menyambangi kami. Untuk pengungsi ke wilayah Selabih sampai saat ini masih nihil. "Tentu kami secara terus menerus menjalin komunikasi bersama Bhabinkamtibmas untuk bersama sama menciptakan ketentraman dan keamanan wilayah", ujar I Wayan Suparta.

Ditempat terpisah Kapolsek Selemadeg Barat AKP I Wayan Suastika,SH, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dalam meningkatkan pelayanan tugas Polri mengedepankan Bhabinkamtibmas sebagai pembina kamtibmas di desa. "Kami jajaran Kepolisian melaksanakan operasi Aman Nusa th 2017 untuk antisipasi bencana Gunung Agung dengan menugaskan anggota polri memberikan pelayanan serta bantuan bagi warga Karangasem", tegas AKP I Wayan Suastika,SH.

Semoga upaya kerjasama antara Polri dengan masyarakat mampu menumbuhkan potensi masyarakat dan partisipasi masyarakat sebagai kekuatan yang besar membangun dan mengelola keamanan sehingga tumbuh ketentraman masyarakat dan keamanan selalu kondusif.