Sabtu, 31 Maret 2018

Bhabinkamtibmas Belimbing

Bhabinkamtibmas Desa Belimbing Polres Tabanan Bersama Babinsa Menghadiri Undangan Pemelaspasan Joged Bumbung Sabda Winangun

Polda Bali- Polres Tabanan -Polsek Pupuan

Bertempat di Balai Banjar Dusun Durentaluh, desa Belimbing Kecamatan Pupuan ,pada hari Sabtu (31/03/2018) pada jam 19.30 wita,  Bhabinkamtibmas Belimbing Aiptu I Gd Kt Alit Widiana bersama Kanit IK Polsek Pupuan dan Babinsa Serda I Kt Dadi menghadiri undangan sekaligus pengamanan pemelaspasan joged bumbung Sabda Winangun yang baru dibentuk.

Hadir dalam acara tersebut yaitu Anggota DPRD II Tabanan fraksi PDI-P asal Belimbing I Gst Nyoman Omardani, Ama, Perbekel Belimbing, Staf Camat, Jro Bendesa Adat Durentaluh, Jro bendesa Adat Suradadi, ketua BPD, Kepala wilayah Durentaluh serta masyarakat dusun Durentaluh yang antusias menyaksikan acara demi acara.

Acara diawali pembukaan dan sambutan dari Jro Bendesa Adat Durentaluh yang pada intinya menyampaikan bahwa sekhe joged yang ada di Durentaluh memang sudah ada sejak dulu dan sempat fakum dan sekarang diaktifkan lagi untuk melestarikan budaya yang ada di Durentaluh,sedangkan biaya untuk pembentukan joged tersebut seperti membeli alat gamelan, pakaian dan yang lain dan menghabiskan biaya sekitar Rp. 35 juta dari swadaya masyarakat.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Perbekel desa Belimbing yang pada intinya menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada desa pekraman Durentaluh yang melestarikan joged sehingga pencanangan Belimbing sebagai desa Wisata dapat diwujudkan dan dapat mengundang wisatawan datang ke Belimbing.

Sambutan berikutnya dari anggota DPRD II tabanan fraksi PDI-P asal Belimbing I Gst Nyoman Omardani, Ama menyampaikan pada intinya pemerintah daerah mendukung sepenuhnya pelestaria joged yang merupakan budaya Bali dan menghimbau agar tidak melanggar asusila terkait penari joged dan harus saling menjaga agar seni joged tidak bernuansa porno.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan seke joged Sabda Winangun oleh Perbekel  Belimbing.
Ditemui selesai acara, Pemangku joged Puspa Winangun jro I Nengah Sutariasa menyampaikan rasa syukur atas dibentuknya sekhe joged di desa Pekraman Durentaluh dan juga ucapan terima kasih atas kehadiran Bhabinkamtibmas yang telah memberikan rasa aman dalam masyarakat khususnya di dusun Durentaluh.

Ditemui di Mako Polsek Pupuan, Kapolsek Akp IB Mahendra, SH membenarkan bahwa Bhabinkamtibmas Belimbing melaksanakan pengamanan sekaligus mengahadiri undangan di Durentaluh serta menitipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat sehingga situasi tetap kondusif.