Senin, 26 Maret 2018

Bbin jelijih punggang

Berikan Rasa Aman Bhabin Jelijih Punggang Polres Tabanan Atensi Pernikahan Warga.

Polda Bali - Polres Tabanan - Polsek Pupuan.

Senin, 26/3/2018 Bhabinkamtibmas desa jelijih punggang Polres Tabanan Bripka I Wayan Sudarma amankan pelaksanaan pernikahan salah satu warga banjar dinas jelijih kelod.

Dalam pelaksanaan pengamanan, Bhabinkamtibmas yang merupakan pembina bidang kamtibmas di desa-desa, selalu mendampingi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pecalang ( petugas keamanan dalam ruang lingkup desa pekramaan/adat ).

Pendampingan ini sangat perlu, karena pecalang dalam pelaksanaan tugasnya hampir mirip dengan tugas-tugas Polisi seperti pengaturan lalulintas dan pengatur ketertiban warga dalam menggunakan jalan raya dalam sebuah arak-arakan yang dilaksanakan oleh masyarakat, yang tentunya berkaitan dengan upacara agama dan upacara adat.

Untuk desa jelijih punggang terdapat 9 anggota Pecalang yang diketuai oleh bapak I Made pastika. Dijelaskan oleh ketua Pecalang, bahwa pecalang yang ada di desa jelijih punggang sering mendapat pembinaan dari satuan atas seperti Polres Tabanan dan juga oleh Polda Bali terutama pemahaman tentang peraturan Perundang-Undangan terkait Jalan Raya dan Lalulintas, sehingga pelaksanaan tugasnya tetap santun dan tidak melanggar peraturan Perundangan.

Namun demikian, selaku Bhabinkamtibmas tetap memberikan pendampingan dalam setiap pengamanan kegiatan warga terutama ketika kegiatan menggunakan fasilitas umum.
Dalam pelaksanaan pengamanan pernikahan tersebut, dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

*****