Jumat, 29 September 2017

Bhabinkamtibmas Selabih Sentuh Elemen Masyarakat Untuk Bangun Keamanan Swakarsa

Polda Bali-Polres Tabanan-Polsek Selemadeg Barat. Berkembangnya aktifitas penduduk dan perekonomian masyarakat akan banyak berdampak terjadinya perubahan sosial masyarakat yang bermuara pada gangguan keamanan. Selain itu krisis ekonomi juga memicu terjadinya kecemburuan sosial masyarakat yang mengarah pada tindak pidana kejahatan.

Untuk menekan terjadinya hal tersebut Bhabinkamtibmas Selabih Aiptu I Nyoman Nuada melaksanakan sambang dengan menyentuh komponen masyarakat kaum wanita pada hari Jumat tanggal 29 September 2017  jam 15.00 wita dengan mendatangi warga masyarakat Atas nama Ni Komang Nurjaya di Banjar Dinas Selabih Wanasari Desa Selabih Kecamatan Selemadeg Barat.

Bhabinkamtibmas Selabih mengajak warga untuk ikut bersama sama kaum pria menjaga keamanan lingkungan dengan menumbuhkan kesadaran dari diri sendiri ( secara swakarsa ) dan untuk meningkatkan kepekaan dan keperdulian terhadap situasi wilayah  pemukiman tempat tinggal terhadap segala bentuk kejahatan. Langkah langkah yang dapat diwujudkan antara lain memperhatikan para pendatang atau warga baru yang masuk ke wilayah banjar, apabila mencurigakan segera informasi ke Bhabinkamtibmas. Setiap menemukan gangguan keamanan segera menginformasikan kepada Kepala Kewilayahan Banjar atau kepada Bhabinkamtibmas sehingga secara cepat bisa diambil langkah-langkah penanggulangan sehingga tidak terjadi permasalahan yang lebih besar.

Pada kesempatan tersebut Ni Komang Nurjaya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya atas upaya jajaran Kepolisian menyambangi kami, "tentu kami merasa terayomi dg terobosan ini", tegas Ni Komang Nurjaya.

Kapolsek Selemadeg Barat AKP I Wayan Suastika,SH, seijin Kapolres Tabanan pada saat dikonfirmasikan membenarkan bahwa dalam meningkatkan pelayanan tugas Polri mengedepankan Bhabinkamtibmas sebagai pembina kamtibmas di desa. "Kami jajaran Kepolisian terus membangun kerja sama untuk memperdayakan potensi masyarakat untuk menjaga keamanan yang kondusif". tegas AKP I Wayan Suastika,SH.

Semoga upaya kerjasama antara Polri dengan masyarakat mampu menumbuhkan potensi masyarakat dan partisipasi masyarakat sebagai kekuatan yang besar membangun dan mengelola keamanan sehingga tumbuh ketentraman masyarakat dan keamanan selalu kondusif.