Sabtu, 30 September 2017

Atensi kegiatan Upacara Telu bulanan anak dari I Gede Panji banjar Wanasari baleran

Polda Bali - Polres Tabanan - Polsek Tabanan

Upacara dan upakara bagi umat hindu yang ada di Bali  yang dilakukan atau dihaturkan dengan perasaan hening dan tulus ikhlas kepada Tuhan  yang Maha Esa juga bagi seseorang yang telah lahir / nemitis kembali ke alam ini merupakan prosesi yang tidak ada henti - hentinya  dalam  kehidupan bagi umat Sedarma yang beragama Hindu khususnya di pulau Dewata ini.
Seperti yang dilakukan keluarga I Gede Panji yang bertempat tinggal di banjar Wanasari baleran pada hari Jumat kemarin adalah upacara Manusa Yadnya yaitu Telu bulanan terhadap anaknya.

Pada hari Jumat 29 / 09 / 2017 mulai jam 09.00 wita di banjar Wanasari tengah Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan.

Dalam rangka mensukseskan dan lancarnya kegiatan upacara manusa yadnya / Telu bulanan dimaksud Bhabinkamtibmas Desa Wanasari Aiptu I Made Londra bekerja sama dengan  dua Orang Pecalang banjar Wanasari baleran melaksanakan pengamanan dengan melakukan buka tutup arus Lalu lintas di jalan umum depan rumahnya hingga upacara berlangsung dengan aman dan lancar sampai siang hari.
Berkaitan dengan upacara ini pula pada malam harinya sekitar jam 20.40 wita bertempat di balai banjar Wanasari baleran  dilaksanakan pentas hiburan rakyat yang saat ini  digandrungi oleh Orang Tua dan anak muda di seputaran Desa Wanasari berupa tari Joged Bumbung dari Keloncing Penebel Tabanan yang mana empat Orang para penarinya berasal dari dalam dan luar kota Tabanan kalau Orang Bali bilang tari bonan sehingga para penonton cukup ramai yang hadir untuk menyaksikan tarian tersebut dengan silih berganti penonton pria ikut menari yang lazim disebut Ngibing.
Walaupun sempat diguyur hujan para penonton cukup setia dengan tidak pergi meninggalkan tempat hingga hiburan tarian Joged Bumbung selesai.
Dan selesai pulalah Bapak I Gede Panji melaksanakan upacara Telu bulanan dan nebus Kaul anaknya yang terlahir laki - laki sungguh merupakan kebahagiaan bagi keluarganya.
Bersama dengan itu Bhabinkamtibmas Desa Wanasari dengan Dua Orang Pecalang tetap setia melaksanakan pengamanan terhadap penonton dan pengaturan arus Lalu lintas hingga selesai pkl 22.00 wita.

Sebagai orang tua anak laki - laki I Gede Panji  mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Pecalang yang telah membatu mengamankan kegiatan upacara ini dengan lancar dan tidak ada hambatan.

Dalam pada itu Kapolsek Tabanan Komisaris Polisi I Gede Made Surya Atmaja, S. Sos menekankan kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar selalu hadir dan mengamankan setiap kegiatan masyarakat di Desa binaannya masing - masing.