Senin, 24 Juni 2019

Lomba Seka Teruna Teruni tingkat Kabupaten Tabanan

pada hari senin tanggal 24 Juni 2019 mulai jam 10.00  s/d  12.30 wita bertempat di Pura Puseh Desa Pakraman Pajahan Kecamatan Pupuan dilaksanakan giat lomba Seka Teruna Teruni tingkat Kabupaten dimana Kecamatan Pupuan diwakili STT Eka Cita Dharma Kanti Pajahan sebagai ketua I Made Agus Juli Artawan, S.Pd.
Adapun Tim Penilai Kabupaten Tabanan  dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten . Tabanan yang diwakili Kepala Bidang Adat Dinas Kebudayaan I Wayan Sukadana, SP. bersama tim,
Hadir dalam acara tersebut 
a. Camat Pupuan I Putu Hendra Manik M. Ap.
b. , Bendesa adat Pajahan,
c. Pj. Perbekel Desa Pajahan,
d. Bhabinkamtibmas Desa Pajahan
e. Mangku Tri Kahyangan, 
f.  BPD Desa Pajahan,
g Staf Adat, penyuluh bahasa bali se kec. Pupuan dan STT Desa Pajahan sebanyak 70 orang

     ‎Kadis Kebudayaan Kabupaten Tabanan pada intinya menyampaikan bahwa Seke Teruna yang merupakan generasi penerus untuk keajegan Budaya dan Keyakinan Hindu harus berpegang teguh dengan perarem serta Awig-awig yang berlaku di desa pakraman sehingga nantinya dalam melaksanakan kegiatannya dapat diselaraskan dengan Tri Hita Karana   Seke Teruna merupakan generasi penerus yang memiliki kemampuan dan wawasan modern apalagi jaman sekarang disebut jaman Millenial yang serba  canggih, namun tidak harus merubah ataupun melupakan Dresta yang ada serta tetap memegang teguh Tadisi Adat dan Agama untuk keajegan Bali. Mari bersama  -sama menjaga kelestarian Budaya,sehingga keseimbangan tetap terjaga.Dalam lomba dan penilaian tidak harus formal tetapi merupakan acara yabg mampu menggugah para generasi Muda untuk tidak tergerus okeh perubahan Zaman. 
  Lomba ini semata - mata untuk menjadi juara akan tetapi untuk mengajegkan seni dan budaya Bali. 
Dalam penilaian lomba akan dinilai dan dibahas berupa :
1. Yasa Kerti Darmaning Agama
2. Yasa Kerti Darmaning  Negara
3.  Bidang organisasi   
4. Bidang Administrasi 
Selama acara berlangsung berjalan aman dan lancar